Topics :

SUBSCRIBE ME ON EMAIL

FIFA RANKS

Blogger templates

Austria and Indonesia. Part 3:Austria Sebagai Negara Olahraga

Austria adalah negara olahraga tempat penduduknya turut serta dalam olahraga massal,kompetisi olahraga, atau berolahraga dengan tujuan rekreasi atau kesehatan. Dua pertiga penduduk Austria berolahraga sesekali, dan 5 persen aktif dalam olahraga kompetisi.

Tapi Austria juga menjadi pilihan favorit tempat penyelenggaraan turnamen olahraga. Karena itu Innsbruck, ibukota negara bagian Tirol, telah dua kali dipilih sebagai lokasi Olimpiade Musim dingin, tahun 1964 dan 1976.

Dan tahun 2008, Kejuaraan sepakbola Eropa (UEFA EURO 2008), pesta olahraga terbesar di dunia, diselenggarakan bersama oleh Austria dan Swiss. Olahraga juga merupakan motor ekonomi Austria, dengan hampir satu dari sepuluh lapangan kerja terkait dengan olahraga. Nilai tambah yang diciptakan olahraga untuk negara ini sekitar 7 persen dari PDB.




Kantor Kanselir Federal Austria memiliki tanggung jawab utama untuk memajukan olahraga, sementara Pusat Olahraga Angkatan Bersenjata merupakan salah satu lembaga penting untuk mendorong kompetisi olahraga dan ilmu olahraga di Austria. Tiap tahun, ratusan tentara dan atlet kelas atas (baik laki-laki maupun perempuan) digembleng dan disponsori secara sisitematis. Meski demikian, pembinaan olahraga dan pendidikan kesehatan sudah dimulai sejak bangku sekolah, sementara banyak program kebugaran umum mendorong kebiasaan berolahraga seumur hidup dan pola makan yang sehat.

Organisasi Olahraga Federal Austria, atau BSO, merupakan badan koordinasi dan penasihat pusat untuk sistem olahraga di negara ini. Organisasi ini memayungi lebih dari 12.600 klub olahraga dengan jumlah total anggota lebih dari 3,3 juta.

Salah satu peran tak tergantikan dalam olahraga klub Austria adalah para Official Honorer. hampir setengah juta sukarelawan bekerja selama 1,5 juta jam per minggu, setara dengan jam kerja yang dilalui kira-kira 40.000 pekerja perwaktu.

Olahraga yang paling banyak peminatnya adalah sepakbola, tennis, ski, curling, dan senam. Olahraga baru seperti Golf dan Nordic Walking, (olahraga berjalan dengan menggunakan tongkat menyerupai tongkat ski) mulai berkembang, tapi banyak dari kegiatan-kegiatan ini belum terorganisir dalam wadah klub olahraga. Pusat kebugaran dan studio olahraga juga telah memiliki tempat tersendiri di luar struktur formal olahraga di Austria.

1 komentar: